Rabu, 01 April 2015

Makalah Herbal Juice



BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Dewasa ini, banyak masyarakat Indonesia dalam situasi kondisi perekonomian yang kurang menguntungkan., khususnya dibidang pemeliharaan kesehatan. Hal ini memaksa kita untuk menengok kembali potensi alam nabati Indonesia dalam upaya menanggulangi berbagai penyakit / gangguan kesehatan yang mungkin timbul. Saat ini banyak sekali terapi - terapi tradisional kesehatan yang dikembangkan oleh berbagai kalangan, untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.
Gaya hidup kembali ke alam sedang menjadi trend masarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Memang benar ungkapan bijak “You are what you eat,” yang berarti kesehatan tercermin dari apa yang kita makan. Pola makan masyarakat modern yang serba instan, tinggi lemak, protein, gula dan garam menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti darah tinggi, kencing manis, jantung koroner hingga kanker. Agar terhidar dari penyakit, pola makan tidak sehat harus dihindari. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral. Banyak orang yang kurang suka mengkonsumsi sayuran dan buah, terutama anak-anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengolahnya menjadi jus sehingga penampilan dan cita rasanya lebih menarik dan menggugah selera makan.
Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal jus, baik itu jus buah ataupun jus sayuran. Jus banyak dimanfaatkan masyarakat untuk minuman penyegar atau bahkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang dapat di terapi dengan jus buah adalah penyakit jantung. Buah-buahan memang sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk mencegah penyakit pembuluh darah dan jantung. Namun riset terbaru membuktikan, bahwa mengonsumsi buah dalam bentuk jus atau sari buah, ternyata memberi khasiat lebih besar dibandingkan memakannya dalam bentuk utuh.
Penyakit jantung adalah istilah umum yang digunakan untuk penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah atau lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah, antara lain jantung koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi dan sakit di dada (angina).
Tak seorang pun menginginkan mengidap penyakit jantung. Oleh karena itu, kita harus lebih mengenal apa penyebabnya dan bagaimana mencegahnya. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang rentan terhadap penyakit jantung. Yang kita ketahui selama ini, penyakit jantung disebabkan karena bertambahnya umur atau faktor keturunan. Faktor utama penyebab seseorang rentang terhadap penyakit jantung adalah masalah gaya hidup. Maka, penyakit jantung bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengikuti terapi jus. Buah dan sayur yang kaya vitamin E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, stroke, dan infeksi virus
Banyak sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk jus terapi penyakit jantung, seperti bayam, seledri, wortel, tomat, labu siam, asparagus, jagung, kangkung, dan brokoli. Semua jenis kacang-kacangan juga bisa, seperti kacang kedelai, kacang panjang, kacang hijau, kapri manis,dan paprika. Sedangkan buah yang bisa dimanfaatkan untuk terapi jus, antara lain mangga, pir, alpukat, semangka, anggur, belimbing, nanas, markisa, rambutan, melon, kelengkeng, dan zaitun.


B.   RUMUSAN MASALAH

Dalam makalah ini kami ingin membahas mengenai terapi jus buah untuk penyakit jantung yang terdiri dari campuran buah melon dan kelengkeng, dalam hal ini maka aspek – aspek yang akan kita bahas adalah sebagai berikut :
1.      pengertian jus buah
2.      alasan pemilihan jus buah ( campuran melon dan kelengkeng ) untuk terapi penyakit jantung.
3.      khasiat dari melon dan kelengkeng
4.      formulasi / komposisi jus
5.      alat dan bahan yang digunakan
6.      cara pembuatan  jus
7.      peringatan efek samping
8.      kadaluarsa dari jus
9.      tips pembuatan jus yang segar





C.   TUJUAN PEMBAHASAN
Adapun tujuan pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      untuk mengetahui pengertian dari jus buah
2.      untuk mengetahui alasan pemilihan jus buah ( campuran melon dan kelengkeng ) untuk terapi penyakit jantung
3.      untuk mengetahui khasiat dari melon dan kelengkeng
4.      untuk mengetahui formulasi / komposisi dari jus
5.      untuk mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan jus
6.      untuk mengetahui cara pembuatan / prosedur pembuatan jus
7.      untuk mengetahui peringatan efek samping dari jus
8.      untuk mengetahui kadaluarsa dari jus
9.      untuk mengetahui tips pembuatan jus yang segar


BAB II
PEMBAHASAN

A.   PENGERTIAN JUS

Pengertian minuman jus, baik itu jus buah maupun sayuran adalah minuman sari buah yang diperoleh dari proses pemerasan mesin juicer sehingga akan diperoleh cairan sari buah atau sayuran. Namun di Indonesia, kita lebih mengenal istilah jus adalah minuman yang terbuat dari buah atau sayuran yang dihaluskan dengan blender, padahal minuman jenis ini sebenarnya lebih tepat disebut dengan smoothie.

B.   ALASAN PEMILIHAN JUS UNTUK TERAPI PENYAKIT JANTUNG

Alasan pemilihan jus buah campuran dari buah kelengkeng dan melon untuk terapi penyakit jantung adalah karena pada saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengidap penyakit jantung. Banyak faktor yang dapat menimbulkan penyakit jantung, salah satu diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat. Dengan semakin meningkatnya angka masyarakat yang mengidap penyakit jantung, tidak ada salahnya jika jus buah digunakan sebagai alternatif pengobatan terapi penyakit jantung yang cukup mudah baik dari segi pembuatan maupun harga dibandingkan dengan pengobatan dengan menggunakan obat modern. Selain itu buah melon dan kelengkeng mudah untuk didapatkan dan mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat untuk terapi penyakit jantung.


   


 A.   KHASIAT BAHAN AKTIF ( MELON DAN KELENGKENG )

  

·                    MELON




Buah melon  masih merupakan  satu family dengan labu serta mentimun. Pada umumnya melon berwarna kuning muda atau hijau. Rasanya sangat menyegarkan, dan biasanya sering digunakan sebagai makanan pencuci mulut. Melon adalah termasuk buah yang mengandung banyak air. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, B dan C yang cukup tinggi. Demikian pula dengan karbohidrat dan  mineral serta proteinnya. Selain itu juga terdapat nutrisi yang terdiri dari zat besi, kalsium, fosfor maupun zat besi yang jumlah kandungannya juga cukup banyak.

Tidak berbeda jauh dengan buah-buahan yang lain, manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh juga tidak sedikit. Kandungan airnya yang banyak tentu berguna untuk memberi cairan di dalam tubuh. Setiap hari tubuh kita membutuhkan paling sedikit dua liter air. Dan karena rasanya segar dan dingin, buah melon juga mampu memberi rasa sejuk di tubuh.
Manfaat buah melon yang lain adalah untuk membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Karena mineral yang berada di dalam buah ini bisa mengurangi zat asam di dalam tubuh sekaligus mengusir sembelit.
Penyakit stroke yang sering menjadi hantu menakutkan bagi sebagian orang juga bisa dicegah dengan cara rajin mengkonsumsi buah melon. Karena buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Demikian pula dengan kanker, bisa dihindari melalui buah melon. Sedangkan bagi yang tekena eksim, untuk menyembuhkannya juga bisa menggunakan buah melon.
Sedangkan untuk yang sering terkena sariawan, jangan bosan untuk memakan buah melon, karena penyakit itu juga bisa dicegah dengan mengombinasikannya dengan buah yang lain. Misalnya tomat apel atau anggur. Selain itu lewat kandungan airnya yang berlimpah, buah melon dapat melancarkan air seni.


·   KELENGKENG






Buah lengkeng atau kelengkeng merupakan salah satu jenis buah eksklusif yang juga favorit dan banyak digemari. Rasanya yang manis dengan daging buahnya yang tebal menjadikan buah ini sangat baik sebagai sumber energi tubuh. Buah kelengkeng kaya dengan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi utamanya adalah energi, khususnya yang berasal dari sukrosa dan  glukosa sehingga buah lengkeng rasanya manis. Buah lengkeng juga banyak mengandung gizi lainnya, seperti protein, lemak, vitamin A dan B, serta berbagai senyawa lainnya.
Dengan kandungan gizinya, manfaat buah lengkeng diantaranya untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, mengatasi penyakit cacingan, menyembuhkan hernia, keputihan, menguatkan limfa, meningkatkan dan melancarkan sel-sel darah merah. Buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan usus dan membantu penyerapan gizi makanan oleh tubuh. Selain itu daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan membantu kesehatan penderita jantung.
Selain buahnya, bagian lain dari pohon kelengkeng juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Daunnya bermanfaat untuk menyembuhkan radang dan mengatasi demam tinggi, sedangkan akar pohon lengkeng berguna dalam melancarkan aliran darah dan peluruh kecing.
Sedangkan biji lengkeng yang berbentuk bulat hitam juga berguna dalam dunia pengobatan dan sering dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan dan penghilang rasa sakit. Kandungan saponin dalam biji buah lengkeng ternyata juga berguna dalam pembuatan sampo.
Kandungan mineral dan fitokimia dalam buah lengkeng juga berguna sebagai penenang dan menjaga kesehatan jantung. Para tabib China umumnya memanfaatkan buah lengkeng dalam membantu mengatasi pasien yang mengalami ketegangan saraf, jantung berdebar, maupun kelainan jantung. 
Dalam sejumlah penelitian juga ditemukan manfaat buah lengkeng dalam membantu mengatasi kegelisahan, sulit tidur, gangguan konsentrasi, serta untuk mengendurkan saraf. Karena itu buah lengkeng juga sangat baik dikonsumsi oleh para wanita karier, eksekutif, maupun pekerja keras yang sering mengalami stress dan ketegangan. 



A.   FORMULASI JUS BUAH
Adapun formulasi atau komposisi dari jus buah untuk terapi penyakit jantung adalah sebagai berikut:
Jus Melon Sari Lengkeng (untuk 1 gelas 200 ml )
Bahan:



100 gr melon, dipotong-potong



100 gr kelengkeng, dipotong-potong



60 ml air



1 sdm madu



1 sdm air jeruk lemon/ nipis








B.   ALAT YANG DIGUNAKAN
Adapun alat yang digunakan dalam pembuatan jus terapi untuk penyakit jantung adalah sebagai berikut :
1.      Blender 1 buah
2.      Pisau 1 buah
3.      wadah / tempat untuk buah 2 buah
4.      sendok 2 buah
5.      botol untuk tempat jus



C.   CARA PEMBUATAN / PROSEDUR PEMBUATAN

1.      Kupas terlebih dahulu buah melon sebanyak ½ buah, kemudian cuci bersih dan potong – potong kecil, sisihkan
2.      Ambil buah kelengkeng secukupnya / sesuai selera, kemudian kupas dan buang bijinya, sisihkan
3.      Siapkan blender terlebih dahulu
4.     Masukkan buah melon yang sudah dipotong dan kelengkeng ke dalam blender
5.     Kemudian tambahkan madu dan perasan air jeruk nipis atau lemon sesuai selera, kemudian blender semua bahan sampai halus
6.      Siapkan gelas sebagai tempat jus yang sudah diisi dengan potongan – potongan es batu
7.      Setelah semua buah tercampur rata dan halus, kemudian masukkan jus kedalam gelas yang telah diisi dengan potongan es batu
8.      Jus siap untuk dinikmati

D.   PERINGATAN EFEK SAMPING JUS
Penggunaan jus terapi ini, lebih baik jika dihindarkan atau tidak dikonsumsi terlalu sering oleh penderita diabetes mellitus. Hal ini dikarenakan  jus terapi ini mengandung buah kelengkeng yang kandungan sukrosa atau gulanya cukup tinggi. Sehingga bila dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus dapat menigkatkan kadar gula darahnya.

E.   ATURAN PAKAI JUS
Jus sebaiknya diminum dengan segera setelah selesai dibuat, sebab jus yang dibiarkan lama akan menurunkan kualitas gizinya. Mengkonsumsi jus sebaiknya sehari dua kali, yakni pada pagi dan siang hari sebelum makan.

F.    KADALUARSA JUS
Sebaiknya jus terapi dikonsumsi langsung setelah jus dibuat, hal ini dikarenakan untuk mempertahankan kesegaran jus dan untuk menghindari perubahan warna dari jus. Selain itu jus terapi ini tidak menggunakan pengawet sehingga jus tidak dapat bertahan lama. Jika jus diinginkan untuk keperluan produksi dalam jumlah yang lebih besar sebaiknya jus diberi pengawet, karena kandungan terbesar dari jus adalah air, dimana air merupakan media yang paling potensial untuk pertumbuhan mikroba. Dalam hal ini harus digunakan pengawet yang tidak bereaksi dengan bahan aktif jus, atau tidak menyebabkan toksisitas. Dan jumlah pengawet yang digunakan harus disesuaikan dengan angka kebutuhan sehari – sehari ( Acceptable Daily Intake ). Dan sebaiknya jus disimpan dalam lemari es agar jus tetap segar dan kandungan gizinya tetap terjaga.

G.  TIPS PEMBUATAN JUS LEBIH SEGAR

Agar jus buah dan sayuran yang kita buat lebih menggoda selera. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:
• Kualitas Bahan :  Pilih buah yang matang dan segar agar mendapatkan rasa prima. Biasanya buah terlalu muda akan menghasilkan warna jus pucat dengan rasa asam tajam. Sedangkan buah yang terlalu matang, teksturnya terlalu lunak dengan aroma menyengat. Untuk jus sayuran, pilih sayuran segar dan cuci yang bersih sebelum dihaluskan/diperas.




• Variasi Bahan : Jus akan lebih menarik penampilanya jika dikombinaskan dengan buah-buahan yang berbeda warna. Misalnya semangka dipadu dengan nenas dan melon. Gradasi warna merah, kuning dan hijau membuat penampilan jus semakin menggoda selera. Jangan takut untuk mengkombinasikan buah-buahan dengan rasa dan aroma kontras. Seperti durian dipadu dengan sirsak atau jeruk, rasa manis dan legit dari buah durian semakin terasa lezat dengan sentuhan rasa asam segar dari buah jeruk atau sirsak. Sebaliknya jangan mencampur buah dengan aroma sama-sama tajam/kuat, seperti nangka dengan durian.



Tambahkan Air Jeruk Lemon : Tambahkan beberapa sendok makan air jeruk lemon pada saat memblender semua jenis juice buah. Selain memberikan sensasi rasa asam segar, air jeruk juga membantu menghilangkan aroma dan rasa kurang enak pada buah-buah tertentu, seperti alpokat, pepaya dan jambu biji.

Teknik Pembuatan : Sebagian orang menyukai juice yang dibuat dengan cara meblender buah dengan es batu secara bersamaan. Padahal teknik memblender buah tanpa es batu kemudian didinginkan dalam kulkas akan menghasilkan juice dengan rasa dan aroma yang lebih segar dan enak.

Sajika Segera Selagi Dingin : Jangan lupa sajikan dalam kondisi dingin, selain terasa lebih segar suhu rendah membantu vitamin C yang terkandung di dalam jus tetap berkualitas baik.

# Kelompok 2 Farmasi B
                                                       Fatkia            (08040070)
Yayan Rusadi      (08040073)
Nopi Yuriasari P  (08040086)
Fransischa Arga T (08040098)
 

  
 

0 komentar:

Posting Komentar