Rabu, 25 Maret 2015

Apakah rambut anda berketombe?

Bagaimana kesehatan kulit kepala anda?
Jika anda selalu merawat dan menjaga kulit kepala dengan baik maka kulit kepala anda akan selalu bersih dan sehat,namun jika berketombe apa yang terjadi?
Jangan khawatir,kita akan membahasnya kali ini.


Ketombe atau dandruff  bercirikan terlepasnya serpihan-serpihan berlebih dari kulit kepala yang biasanya disertai dengan rasa gatal. Penyerpihan ini meningkat kemungkinan disebabkan oleh flora normal kepala,Pityrosporum ovale. Peningkatan flora normal ini menyebabkan meningkatntnya penstimulur pembentukan  lipase.
Lipase kemudian merombak triglesirida menjadi asam-asam lemak yang merangsang kulit kepala dan mengakibatkan hiperproliferasi sel-sel epidermisnya.
Akibatnya,keratosit dilepaskan lebih pesat,keratin yang sudah mati yang melekat satu sama lain kemudian dilepaskan sebagai gumpalan-gumpalan serpih dan tidak berangsur-angsur satu demi satu seperti pada keadaan normal.
Faktor penyebab diantaranya :
  • Sistem imun yang lemah
  • Peningkatan derajat asam & kadar lemak dari kulit.
  • Stress
  • Tidak menjaga kebersihan rambut dengan rutin.
Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan shampo yang mengandung selensulfida 2,5%, seng-pirithion 2% dan piroctone olamine (octopirox).
Pada Kasus Ketombe yang parah (eczema seborois) dianjurkan untuk menggunakan  gel ketokonazole 2%. 
Sedangkan untuk mengatasi ketombe yang ringan,anda dapat menggunakan ramuan herbal disekitar anda,misalnya dengan menggunakan jeruk nipis.
Caranya : Usapkan air jeruk nipis secara merata ke bagian kepala sambil dipijat lembut. Biarkan sebentar,lalu keramaslah seperti biasa menggunakan shampo dan bilas dengan air bersih.

Pustaka :
  1.  Tanaman Obat Asli Indonesia
  2. Obat-Obat Penting-Khasiat,Penggunaan,Dan Efek-Efek Sampingnya ; Drs.Tan Hoan Tjay dan Drs.Kirana Rahardja

0 komentar:

Posting Komentar